Bab 3 dan Bab 4 membahas lebih dekat akuntansi
dalam beberapa negara tertentu. Pengetahuan khusus tentang akuntansi dalam
sebuah negara diperlukan untuk menganalisis laporan keuangan negara tersebut.
Bab 3 membahas lima negara Eropa. Bab 4 membahas lima negara dari Amerika dan
Asia. Informasi tentang latar belakang setiap negara dihadirkan dalam kedua
bab, dan juga pembahasan tentang kerangka kerja Institusional masing-masing
negara untuk mengatur dan memperkuat akuntansi.
Bab 3 berfokus pada lima anggota Uni Eropa (EU):
Republik Ceko, Prancis, Jerman, Belanda, dan inggris, Prancis, Jerman dan
belanda merupakan anggota asli Masyarakat Ekonomi Eropa (European Economic
Community)ketika organisasi tersebut didirikan pada tahun 1957.
Standar akuntansi merupakan regulasi atau
peraturan (sering kali termasukhukum dan anggaran dasar) yang mengatur
pengolahan laporan keuangan. Susunan standar merupakan proses perumusan standar
akuntansi. Jadi, standar akuntansi merupakan hasil dari susunan standar. namun
praktik yang sebenarnya bisa saja menyimpang dari apa yang diharuskan standar.
susunan standar akuntansi biasanya menggabungkan
kombinasi dari kelompok-kelompok sektor umum dan sektor swasta. Sektor swasta
meliputi profesi akuntansi dan kelompok-kelompok lain yang dipengaruhi oleh
proses pelaporan keuangan, seperti pengguna dan penyusun laporan keuangan,
seperti pengguna dan penyusun laporan keuangan dan pegawai. Hubungan antara
standar akuntansi dan praktik akuntansi sangat rumit, dan tidak selalu bergerak
dalam gerakan satu arah.
Bab 2 mengemukakan akuntansi penyajian yang wajar
dan orientasi pemenuhan legal. Akuntansi atas kewajaran penyajian biasanya
dihubungkan dengan negara hukum berevolusi, sedangkan akuntansi pemenuhan legal
biasanya ditemukan dalam negara hukum berkode.
IFRS DALAM UNI EROPA
Kecenderungan dalam laporan keuangan menghadap ke
arah kewajaran penyajian, setidaknya bagi laporan keuangan gabungan.
kecenderungan ini sangat benar dalam Uni eropa. Pada tahun 2002, Uni Eropa menyetujui
sebuah aturan akuntansi yang mengharuskan semua perusahaan Uni Eropa yang
terdaftar dalam sebuah pasar resmi untuk mengikuti IFRS dalam laporan keuangan
gabungan mereka, dimulai pada tahun 2005.
Untuk memahami akuntansi di Eropa, seseorang harus
bisa memahami IFRS dan persyaratan akuntansi setempat. Banyak perusahaan akan
memilih untuk mengikuti persyaratan setempat di perusahaan-perusahaan di mana
di mana IFRS.
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan IFRS terdiri atas neraca
gabungan, laporan laba rugi, laporan kas, laporan perubahan ekuitas (atau
laporan laba rugi dan pengeluaran yang diakui), dan catatan penjelasan.
Ungkapan catatan harus mencakup:
1. Kebijakan akuntansi yang diikuti
2. penilaian yang dibuat oleh manajemen dalam
menerapkan kebijakan akuntansi yang penting
3. Asumsi utama mengenai masa depan dan
sumber-sumber penting tentang ketidakpastian estimasi
Tidak ada persyaratan IFRS untuk menunjukkan
laporan keuangan entitas perusahaan induk sebagai tambahan bagi laporan
keuangan gabungan.
PATOKAN AKUNTANSI
Dalam IFRS, semua kombinasi bisnis dianggap
sebagai pembelanjaan. Goodwill merupakan perbedaan antara harga pasar dari
pertimbangan yang ada dan harga pasar dari aset cabang, kewajiban, dan
kewajiban bersyarat. Goodwill diuji setiap tahun untuk memeriksa penurunan
nilainya. Goodwill yang negatif harus segera diakui dalam pendapatan. Pengaruh
yang signifikan merupakan kekuatan untuk ikut serta dalam keputusan kebijakan
keuangan dan operasional perusahaan tempat modal tersebut ditanamkan, tapi
bukan untuk mengendalikan kebijakan tersebut. Translasi laporan keuangan dari
operasi asing didasarkan pada konsep mata uang fungsional. mata uang fungsional
merupakan lingkungan ekonomi utama di mana entitas asing tersebut beroperasi.
penyesuaian translasi dimasukkan dalam pendapatan periode yang sedang berjalan.
Jika entitas asing memiliki mata uang fungsional dari sebuah ekonomi dengan
inflasi yang sangat tinggi, laporan keuangannya pertama kali diulangi untuk
efek infasi, selanjutnya ditanslasikan dengan menggunakan metode tarif yang
telah dijelaskan sebelumnya.
Aset dinilai berdasarkan harga perolehan atau
harga pasar. jika metode harga pasar yang digunakan, revaluasi(penilaian
kembali asset tetap) harus digunakan secara teratur dan semua barang dari kelas
tertentu harus dinilai kembali.
FIFO dan beban rata-rata merupakan dasar biaya
yang sesuai menurut IFRS, tapi LIFO tidak. Pinjaman keuangan dikapitalisasi dan
diamortisasi, sementara pinjaman operasional dibebankan pada dasar yang
sistematis, biasanya membayar utang pinjaman pada dasar garis lurus.
SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN LIMA NEGARA
- PRANCIS
Prancis
merupakan penyokong utama dunia dalam kesamaan akuntansi nasional. Perintah
penggunaan daftar akun nasional yang sama tidak membebani bisnis Prancis karena
ketentuannya sangat diterima dalam praktik. Lagipula, beragam daftar yang
diperlukan untuk pembayaran pajak penghasilan didasarkan pada model standar
laporan laba rugi dan neraca, dan kantor statistik setempat memberikan
informasi makro ekonomi dengan mengumpulkan laporan keuangan dari berbagai
perusahaan.
Akuntansi Prancis sangat terhubung dengan
ketentuan yang memungkinkan untuk mengabaikan fakta bahwa legislasi komersial
dan undang-undang perpajakan yang mengatur banyak akuntansi dan laporan keuangan
Prancis yang sebenarnya.
Undang-undang perpajakan juga sangat memengaruhi
akuntansi di Prancis. Pengeluaran bisnis bisa dikurangi untuk pajak hanya jika
benar-benar dibukukan dan dituliskan dalam laporan keuangan tahunan.
REGULASI DAN PELAKSANAAN AKUNTANSI
CNC terdiri atas 58 anggota yang mewakili profesi
akuntansi, pegawai sipil, dan atasan, persatuan dagang, dan kelompok-kelompok
sektor swasta lainnya. Sebagian besar pekerjaan tekhnis CNC dilakukan okeh
komite dan staf anggota CNC. Sebuah Urgent Issues Committee tergabung CNC untuk
menyelesaikan masalah-masalah akuntansi yang memerlukan resolusi yang cepat.
Penunjukan dalam CNC sangat bergengsi, dan rekomendasinya sangat berbobot.
Di Prancis profesi akuntansi dan audit telah telah
lama terpisah. Akuntan dan auditor Prancis diwakili oleh dua badan, OEC dan
CNCC, walaupun adanya kesamaan dalam keanggotaannya. Sebaliknya, CNCC berada di
bawah yurisdiksi Menteri Kehakiman.
Layaknya CNCC, lembaga tersebut berada di bawah
Menteri kehakiman. Undang-undang tahun 2003 juga mewajibkan penyertaan lapoeran
auditor pada kendali internal.
LAPORAN KEUANGAN
Perusahaan Prancis harus melaporkan hal-hal
berikut; Neraca, laporan laba rugi, catatan atas laporan keuangan, laporan
direktur, dan laporan auditor.
Laporan keuangan dari semua perusahaan dan
perusahaan kewajiban terbatas lainnya di atas ukuran tertentu harus di audit.
Perusahaan-perusahaan besar juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang
berhubungan dengan pencegahan kebangkrutan bisnis dan sebuah laporan sosial,
yang keduanya merupakan ciri khas Prancis.
PATOKAN AKUNTANSI
Perusahaan-perusaah Prancis yang terdaftar
mengikuti IFRS dalam laporan keuangan gabungan mereka, dan
perusahaan-perusahaan yang tidak terdaftar juga mempunyai pilihan ini.
Aset-aset berwujud biasanya dihitung berdasarkan nilai perolehan. Walaupun
revaluasi diperbolehkan, tetap dikenakan pajak sehingga jarang ditemukan dalam
praktiknya.
- JERMAN
Iklim
akuntansi Jerman terus berubah semenjak akhir perang Dunia II. Pada masa itu,
akuntansi bisnis menekankan daftar akun nasional dan seksional. pada awal tahun
1970an Uni Eropa mulai mengeluarkan perintah penyelarasannya, di mana
negara-negara anggotanya diwajibkan untuk menggabungkan diri dengan
undang-undang nasionalnya. Perlindungan kreditor merupakan perhatian utama dari
akuntansi Jerman seperti yang dibubuhkan pada commercial code. Undang-undang
perpajakan juga sangat menentukan akuntansi komersial. karakteristik dasar
ketiga dari akuntansi Jerman adalah ketergantungannya pada keputusan undang-undang
dan pengadilan. Tidak ada lagi yang memiliki kekuatan mengikat atau otoritatif.
Untuk memahami akuntansi Jerman, seseorang harus melihat pada HGB dan bentuk
keputusan hakim.
REGULASI DAN PELAKSANAAN AKUNTANSI
Sebelum tahun 1998, Jerman tidak memiliki fungsi
penyusunan standar akuntansi keuangan, karena hanya dipahami oleh negara-negara
yang bebbahasa Inggris, German Institute memberikan konsultasi tentang beragam
proses pembuatan undang-undang yang memengaruhi akuntansi dan laporan keuangan,
tapi persyaratan hukum merupakan kekuasaan tertinggi.
Sistem penyusunan standar akuntansi Jerman secara
umum sama dengan sistem yang digunakan di Inggris dan Amerika Serikat dan sama
dengan IASB. Akuntan publik resmi di Jerman disebut dengan Wirtschaftprufer
atau pemeriksa perusahaan. laporan audit Jerman menekankan kepatuhan
persyaratan daripada “tinjauan yang baik dan benar”.
LAPORAN KEUANGAN
Undang-undang Jerman menetapkan persyaratan
akuntansi, audit, dan laporan keuangan yang berbeda bergantung pada ukuran
perusahaan alih-alih pada bentuk organisasi bisnisnya. Undang-undang menetapkan
isi dan format laporan keuangan, yang mencakup hal-hal berikut: Neraca, Laporan
laba rugi, catatan, laporan manajemen, dan laporan auditor.
Bagian catatan dalam laporan keuangan biasanya
ekstensif, khususnya untuk perusahaan-perusahaan besar. Sebuah keistimewaan
dari sitem laporan keuangan Jerman adalah adanya laporan pribadi dari auditor
kepada dewan direktur dan dewan pengawas perusahaan.
PENGUKURAN AKUNTANSI
Berdasarkan Commercial code (HGB), metode
pembelian (akuisisi) merupakan metode penggabungan yang mendasar, tapi
penyatuan kepentingan bisa diterima dalam keadaan tertentu. Ada dua bentuk
metode pembelian yang diizinkan, metode nilai buku dan metode revaluasi. GAS
lebih restriktif daripada HGB dalam laporan keuangan gabungan. Biaya riset dan
pengembangan dibebankan saat terjadinya Provisi sebagai estimasi beban atau
kerugian masa depan digunakan. Seperti ditulis sebelumnya, perusahaan-perusahaan
Jerman yang terdaftar harus menyusun lapotran keuangan gabungan mereka menurut
IFRS.
- REPUBLIK CEKO
Republik
Ceko terletak di Eropa tengah dan berbatasan dengan Jerman di sebelah barat dan
barat laut, Republik Slovakia di timur, dan Polandia diutara. Akuntansi di
Republik Ceko telah berganti arah beberapa kali, seiiring dengan sejarah
politik negaranya. Praktik dan prinsip akuntansinya digambarkan oleh
negara-negara berbahasa Jerman di Eropa hingga akhir perang Dunia II. setelah
tahun 1989, ceko bergerak cepat menuju ekonomi beririentasi pasat. Pemerintah
mengubah susunan hukum dan administratifnya untuk merangsang ekonomi dan
menarik investasi asing.
Pada tahun 1995 republik Ceko menjadi anggota
pertama pasca-komunis dalam Organization for Economic Cooperation and
Development (OECD).
REGULASI DAN PELAKSANAAN AKUNTANSI
Commercaial Code yang baru dibuat oleh paelemen
Ceko pada tahun 1991 dan mulai efektif pada 1 januari 1992.Dipengaruhi oleh
akar undang-undanga perdagangan Austria yang lama dan mencontoh pada
undang-undang perdagangan Jerman, Commercial Code memperkenalkan sejumlah
legislasi dasar yang berhubungan dengan bisnis. Proses audit diatur oleh Act on
Auditors, yang dikeluarkan pada tahun 1992. Undang-undang ini membentuk Chamber
of Auditors, sebuah badan profesional yang mengatur dirinya sendiri yang
mengawasi pendaftaran, pendidikan,pengujian dan menertibkan auditor, penyusunan
standar audit, dan regulasi praktik audit, seperti format laporan audit.
LAPORAN KEUANGAN
Laporan Keuangan harus bersifat komparatif yang
terdiri dari : Neraca, Akun keuntungan dan kerugian (laporan laba rugi), dan
catatan.
Laporan keuangan disetujui pada rapat pemegang
saham tahunan. Perusahaan-perusahaan ceko yang terdftar harus menggunakan IFRS,
baik untuk laporan keuangan gabungan maupun untuk laporan keuangan perusahaan
pribadi mereka. Perusahaan-perusahaan yang tidak terdaftar memiliki pilihan
untuk menggunakan IFRS atau standar akuntansi Ceko untuk laporan keuangan
gabungan mereka, tapi harus menggunakan standar Ceko dalam laporan perusahaan
pribadi mereka.
PENGUKURAN AKUNTANSI
Metode akuisisi (pembelian) digunakan untuk
menghitung kombinasi bisnis (penggabungan usaha). Goodwill muncul dari
kombinasi bisnis dimasukkan dalam tahun pertama penggabungan atau
dikapitalisasi dan diamortisasi selama tidak lebih dari 20 tahun. Aset-aset
berwujud dan tidak berwujud dinilai berdasarkan biaya dan dihapus pada umur
ekonomis yang diharapkan.
- BELANDA
Akuntansi
Belanda memberikan beberapa paradoks yang m,enarik. Belanda cukup memiliki
undang-undang akuntansi dan persyaratan laporan keuangan yang cukup bebas tapi
standar praktik profesional yang sangat tinggi. Akuntansi di Belanda dianggap
sebagai sebuah cabang ekonomi bisnis. Akuntan belanda juga mau menerima
pemikiran asing. Merupakan penyokong awal dari standar internasional untuk
akuntansi dan laporan keuangan, dan laporan IASB menerima perhatian besar dalam
menentukan praktik yang bisa diterima.
REGULASI DAN PELAKSANAAN AKUNTANSI
Regulasi akuntansi di Belanda tetap bersifat
liberal hingga munculnya Act on Annual Financial Statements pada tahun 1970.
Dutch Accounting Standards of Board (DASB) mengeluarkan pedoman pada
prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara umum. DASB merupakan organisasi
swasta yang didanai oleh bantuan dari komunitas bisnis dan profesi Audit. Audit
merupakan sebuah profesi dengan aturan sendiri di Belanda. NIRA dilibatkan
dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan akuntansi di Belanda.
LAPORAN KEUANGAN
Kualitas laporan keuangan Belanda sangat tinggi.
laporan keuangan yang menurut undang-undang harus disimpan di Belanda, tetapi
di Inggris, Prancis, dan Jerman juga bisa memakainya. Laporan keuangan harus
meliputi hal-hal berikut: Neraca, laporan Laba rugi, Catatan, Laporan direktur,
dan Informasi lain yang sudah ditentukan.
Laporan keuangan tahunan harus dipresentasikan
pada perusahaan induk dan gabungan.
PENGUKURAN AKUNTANSI
Walaupun metode akuntansi penyatuan kepentingan
untuk penggabungan bisnis diperbolehkan dalam keadaan-keadaan tertentu, metode
ini jarang digunakan di Belanda. Fleksibelitas Belanda terhadpa pengukuran
akuntansi sangat nyata dalam izin menggunakan nilai lancar untuk aset berwujud
seperti persediaan dan aset yang bias didepresiasi. Karena
perusahaan-perusahaan Belanda memiliki fleksibilitas dalam menerapkan aturan
perhitungan,seseorang akan mengira bahwa ada kesempatan untuk manipulasi
penghasilan.
- INGGRIS
Akuntansi
di Inggris berkembang sebagai sebuah ilmu tunggal, secara pragmatis merespons
terhadap kebutuhan dan praktik bisnis. warisan akuntansi Inggris pada dunia
sangatlah mendasar. Inggris merupakan negara pertama di dunia yang
mengembangkan sebuah profesi akuntansi seperti yang kita kenal.
REGULASI DAN PELAKSANAAN AKUNTANSI
Dua sumber utama untuk standar akuntansi keuangan
di Kerajaan Inggris adalah undang-undang perusahaan dan Profesi akuntansi.
Companies Act pada tahun 1985 menggabungkan dan
memperluas legislasi lebih awal dan diubah pada tahun 1989 untuk mengakui EU
seventh Directive. Semua perusahaan selain perusahaan kecil dengan kewajiban
terbatas harus diaudit.
LAPORAN KEUANGAN
Laporan keuangan Inggris merupakan yang paling
komprehensif din dunia, Laporan keuangan biasanya mencakup: Laporan direktur,
akun laba dan rugi serta neraca, Laporan arus kas, laporan keseluruhan laba dan
rugi, laporan kebijakan akuntansi, catatan yang direfensikan dalam laporan
keuangan, dan Laporan auditor.
Keistimewaan lain laporan keuangan Inggris adalah
bahwa perusahaan-perusahaan kecil dan menengah dibebaskan dari banyaknya
kewajiban laporan keuangan
PERHITUNGAN AKUNTANSI
Inggris memperbolehkan adanya metode akuisisi dan
penggabungan untuk kombinasi bisnis. Aset-aset bisa dihitung pada harga
perolehan, baiay sekarang atau menggunakan gabungan keduanya. pinjaman yang
menggantikan risiko dan penghargaan kepemilikan kepada penyewa dikapitalisasi
dan kewajiban sewa ditunjukkan sebagai utang. Semua perusahaan Inggris
diizinkan untuk menggunakan IFRS alih-alih GAAP inggris yang baru saja
dijelaskan.
Choi, Frederick D.S., and Gerhard D. Mueller, 2005., Akuntansi
Internasional – Buku 1, Edisi 5., Salemba Empat, Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar